Rabu, 21 Desember 2016

KARAKTERISTIK "YOUNG LEARNERS"


Assalamualaikum
  
“Anak-anak ibarat kertas yang masih kosong belum berisi tulisan apapun”. Jadi baik atau tidaknya cerdas atau tidaknya semua tergantung pada “kita”. Kita siapa? Pasti orang tua baik orang tua asli ataupun orang tua kedua(guru disekolah).

Sudah bisa ditebak kan sobat kali ini mimin bakal bahas tentang apa yang pastinya adalah anak-anak. Materi ini mimin dapat dari matakuliah TEYL. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan memang tidak luput dengan yang satu ini sobat yaitu ANAK-ANAK. Kali ini saya akan bahas apa saja sih karakteristik anak-anak ini. Sehingga sebelum mulai mengajar kita bisa memiliki cara agar lebih mudah menjadikan anak anak menyerap pelajaran yang kita ajarkan. Jadi bagaimana sih karakteristik young learners itu?

Karakteristik mereka antara lain;

·       Belajar sambil bermain, bernyanyi dan menggerakkan anggota tubuh.
·       Mereka memiliki perhatian dan konsentrasi yang singkat (tidak tahan lama).
·       Mereka juga belajar dengan baik ketika mereka diberi motivasi untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan yang berhubungan dengannya. Misalnya, akan lebih mudah bagi mereka untuk mempelajari materi yang menggunakan kata atau frasa seperti “My name is….. I have a cat.
·       Mereka suka belajar kelompok.
·       Jika suatu kalimat atau frasa berkaitan dengan benda-benda miliknya, anak akan memberi perhatian lebih kepada kalimat atau frasa tersebut.
·       Mereka menyukai cerita sebagaimana mereka menyukai permainan. Melalui cerita, siswa dapat dilatih untuk lebih memusatkan perhatian pada konteks secara keseluruhan daripada jika dinyatakan kata per kata
·       Pada usia 10 tahun (kelas 4) anak mulai memperhatikan orang lain tidak lagi hanya berfokus pada dirinya. Anak sudah mulai terbuka, misalnya sudah memperhatikanyou, yaitu temannya.
·       Untuk memperkenalkan bahasa Inggris kepada mereka, awali dengan hal yang konkret dan disertai dengan objek atau benda nyata atau gambar dari kata-kata yang sedang dipelajari. Benda-bena seperti kursi, meja, papan tulis, alat-alat tulis dengan mudah dapat diperkenalkan kepada siswa.
Misalnya:
That is window (sambil menunjuk jendela)
This is the door ( sambil memegang pintu)
That is the blackboard (sambil menunjuk papan tulis)
This is the floor(sambil menunjuk lantai)

·       Pada usia 10-12 tahun beri kegiatan untuk dikerjakan bersama karena anak sudah dapat bekerja sama dengan temannya. Misalnya membuat daftar, melengkapi kalimat, mengisi teka-teki silang, dan lain-lain.
·       Bekerja dalam kelompok dapat menimbulkan rasa kerjasama dan saling membantu, terutama bagi anak yang pemalu akan membuat dia lebih berani.
·       Dalam setiap kegiatan belajar mengajar bahasa Inggris guru harus dapat menciptakan situasi belajar yang kondusif dan menarik agar anak merasa aman dan senang dalam belajar bahasa Inggris.
·       Selain itu teknik atau metode pengajaran yang variatif perlu diperhatikan agar anak tidak merasa bosan misalnya dengan nyanyian, permainan, cerita dan lain-lain.
Demikian ya sobat mimin pamit dulu hehe apabila ada yang kurang bisa ditambahin komen saja dibawah ini. Waalaikumussalam keep smile and matursuwun.:)



0 komentar:

Posting Komentar