“Anak-anak ibarat kertas yang masih kosong
belum berisi tulisan apapun”. Jadi baik atau tidaknya cerdas atau tidaknya
semua tergantung pada “kita”. Kita siapa? Pasti orang tua baik orang tua asli
ataupun orang tua kedua(guru disekolah).
Sudah bisa ditebak kan sobat kali ini mimin
bakal bahas tentang apa yang pastinya adalah anak-anak. Materi ini mimin dapat
dari matakuliah TEYL. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan memang tidak luput
dengan yang satu ini sobat yaitu ANAK-ANAK. Kali ini saya akan bahas apa saja
sih karakteristik anak-anak ini. Sehingga sebelum mulai mengajar kita bisa
memiliki cara agar lebih mudah menjadikan anak anak menyerap pelajaran yang
kita ajarkan. Jadi bagaimana sih karakteristik young learners itu?
Karakteristik mereka antara lain;
·
Belajar sambil bermain, bernyanyi dan
menggerakkan anggota tubuh.
·
Mereka memiliki perhatian dan konsentrasi
yang singkat (tidak tahan lama).
·
Mereka juga belajar dengan baik ketika mereka
diberi motivasi untuk terlibat secara langsung dalam kegiatan yang berhubungan
dengannya. Misalnya, akan lebih mudah bagi mereka untuk mempelajari materi yang
menggunakan kata atau frasa seperti “My name is….. I have a cat.
·
Mereka suka belajar kelompok.
·
Jika suatu kalimat atau frasa berkaitan
dengan benda-benda miliknya, anak akan memberi perhatian lebih kepada kalimat
atau frasa tersebut.
·
Mereka menyukai cerita sebagaimana mereka
menyukai permainan. Melalui cerita, siswa dapat dilatih untuk lebih memusatkan
perhatian pada konteks secara keseluruhan daripada jika dinyatakan kata per
kata
·
Pada usia 10 tahun (kelas 4) anak mulai
memperhatikan orang lain tidak lagi hanya berfokus pada dirinya. Anak sudah
mulai terbuka, misalnya sudah memperhatikanyou, yaitu temannya.
·
Untuk memperkenalkan bahasa Inggris kepada
mereka, awali dengan hal yang konkret dan disertai dengan objek atau benda
nyata atau gambar dari kata-kata yang sedang dipelajari. Benda-bena seperti
kursi, meja, papan tulis, alat-alat tulis dengan mudah dapat diperkenalkan
kepada siswa.
Misalnya:
That is window (sambil menunjuk jendela)
This is the door ( sambil memegang pintu)
That is the blackboard (sambil menunjuk papan tulis)
This is the floor(sambil menunjuk lantai)
That is window (sambil menunjuk jendela)
This is the door ( sambil memegang pintu)
That is the blackboard (sambil menunjuk papan tulis)
This is the floor(sambil menunjuk lantai)
·
Pada usia 10-12 tahun beri kegiatan untuk
dikerjakan bersama karena anak sudah dapat bekerja sama dengan temannya.
Misalnya membuat daftar, melengkapi kalimat, mengisi teka-teki silang, dan
lain-lain.
·
Bekerja dalam kelompok dapat menimbulkan rasa
kerjasama dan saling membantu, terutama bagi anak yang pemalu akan membuat dia
lebih berani.
·
Dalam setiap kegiatan belajar mengajar bahasa
Inggris guru harus dapat menciptakan situasi belajar yang kondusif dan menarik
agar anak merasa aman dan senang dalam belajar bahasa Inggris.
·
Selain itu teknik atau metode pengajaran yang
variatif perlu diperhatikan agar anak tidak merasa bosan misalnya dengan
nyanyian, permainan, cerita dan lain-lain.
Demikian
ya sobat mimin pamit dulu hehe apabila ada yang kurang bisa ditambahin komen
saja dibawah ini. Waalaikumussalam keep smile and matursuwun.:)
0 komentar:
Posting Komentar