Rabu, 30 November 2016

RPP dan Media Pembelajaran

Assalamualaiku sobat
Pada artikel berikut ini, saya akan membagi pengalaman saya saat mendapat tugas tentang membuat Media Pembelajaran beserta RPP  pada mata pelajaran bahasa inggris ya sobat. Kuliah pada jurusan pendidikan memang tidak bisa lepas dari tugas membuat RPP ini sobat. Dan banyak sekali mata kuliah yang memberikan duty tentang membuat RPP ini .Namun yang saya share kali ini tugas pada mata kuliah ELT (English Language Teaching) sehingga kita fokus dalam pembuatan media pembelajarannya ya sobat. Yang pertama saya akan membahasa tentang pembuatan RPPnya. Jadi apa sih RPP itu? RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Okhay berikut adalah langkah-langkah pembuatan RPPnya;
1.    Menuliskan Identitas Mata Pelajaran, yaitu:
·         Satuan Pendidikan
·         Kelas/Semester
·         Mata Pelajaran/Tema Pelajaran
·         Alokasi Waktu
·         Jumlah Pertemuan.
Contohnya seperti ini sobat,
2.    Menuliskan Standar Kompetensi
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setap kelas dan suatu mata pelajaran. Pada bagian ini dituliskan standar kompetensi mata pelajaran,cukup dengan cara mengutip pada standar isi atau silabus pembelajaran yang telah dibuat guru.(Namun untuk pelajaran ELT pembuatan RPP tidak terlalu mendetail dan saya hanya fokus pada media ya sobat ,untuk lebih detail saya pelajari ada pada pelajaran kurikulum|)
3.     Menuliskan Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu mata pelajaran. Pada bagian ini dituliskan kompetensi dasar yang harus dimiliki peserta didik setelah proses pembelajaran berakhir, cukup dengancara mengutip pada standar isi atau silabus pembelajaran yangtelah dibuat guru.
4.    Menuliskan Indikator Pencapaian Kompetensi
Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau di obeservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan di ukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dalam membuat indikator ini, guru juga perlu melihat KD yang sama di kelas sebelum dansesudahnya agar lebih tepat dalam menentukan indikator sesuaidengan kelas di mana KD tersebut diajarkan.
5.    Merumuskan Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.Tujuan pembelajaran dibuat berdasarkan SK, KD, dan Indikator yangtelah ditentukan. Tujuan ini difokuskan tergantung pada indikator yang dirumuskan dari SK dan KD pada Standar Isi mata pelajaranmatematika yang akan dipelajari siswa.
6.    Menuliskan Materi Ajar.
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusanindikator pencapaian kompetensi.
7.     Menentukan metode pembelajaran yang akan digunakan
Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan. Pemilihan metode pembelajaran disesuaikan dengan situasi dan kondisi peserta didik serta karakteristik dari setiap indikator dan kompetensi yang hendak dicapai pada setiap mata pelajaran. Pada bagian ini dituliskan semua metode yang akan digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.
8.    Merumuskan kegiatan pembelajaran
      Dalam kegiatan ini lebih mudah menggunakan garis seperti ini
Perumusan kegiatan pembelajaran terdiri dari ,
A.    Kegiatan pendahuluan
Pendahuluan merupakan kegiatan awal dalam suatu pertemuan pembelajaran yang ditujukan untuk membangkitkan motivasi dan memfokuskan perhatian peserta didik untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.
B.     Kegiatan inti
Kegiatan inti merupakan proses pembelajaran untuk mencapai KD. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik. Kegiatan inti ini dilakukan secara sistematis dan sistemik melalui proses eksplorasi, elaborasi, dan konfirmasi. Pada kegiatan inti ini siswa mendapat fasilitas atau bantuan untuk mengembangkan potensinya secara optimal. Dalam kegiatan inti pada RPP saya .Siswa di tuntut percaya untuk mengenalkan dirinya di depan kelas dan nama pada flash card sehingga kata adjective dalam flashcard mampu di hafal dengan mudah.
C.     Kegiatan akhir
Kegiatan ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengakhiri aktivitas pembelajaran yang dapat di lakukan dalam bentuk rangkuman atau kesimpulan, penilaian dan refleksi, umpan balik, dan tindak lanjut.
9.     Menentukan Media/Alat/Bahan/Sumber Belajar
Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kometensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. Pada bagian ini dituliskan semua media/alat/bahan.sumber belajar yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung. Media RPP saya menggunakan flashcard
10.  Penilaian Hasil Belajar
Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar di sesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian
Nah, pada nomor ke 9 adalah Menentukan Media/Alat/Bahan/Sumber Belajar. Dalam pembuatan medianya saya menggunakan flash card yang bertuliskan kata sifat seperti, HAPPY,SAD,CUTE,BEAUTIFUL  .Dan langkah pembuatannya sebagai berikut,
1.    Buka Applikasi  Adobe photoshop disini saya menggunakan yang CS3

2.    Kemudian pilih background gambar .Agar menarik saya memilih untuk menggabungkan background dan salah satu tokoh animasi 90an yaitu Mr.super Mario
kemudian akan jadi seprti ini (setelah di cropping dan dan digabngkan)

3.    Simpan dahulu background uniknya kmudian
4.    Ketik teks pada background dengan kata-kata sifat. Oke flashcard siap digunakan dalam media belajar pembelajaran:D
begini hasilnya
NB: selain langkah ini kalian juga bisa membuat manual dengan menuliskan dengan bahan karton dan spidol
Nah begitulah gpengalaman saya ketika mendapat tugas media pembelajaran dalam pembelajaran ELT udah dulu ya sobat kita sambung lagi pada artikel saya yang akan selanjutnya The Best Moment . KEEP SMILE AND MATURSUWUUUN :) Wassalamualaikum..

1 komentar:

  1. Ini menurut Mr. Irwan artikelnya sangat bagus diantara ketiga artikel sebelumnya hehe karena susunannya yang terbilang lebih rapi jika dibandingkan dengan yang dua. Nanti jarak-jaraknya ditata ulang ya

    BalasHapus